02 Oktober 2009

Sekolah Islam Terpadu = Sekolah Al Qur'an


Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah majalah terbitan lama, yang menarik disana ada pernyataan Direktur Konsorsium Pendidikan Islam yaitu Bapak Masruri yang menyatakan kesimpulan hasil berkelilingnya dia kesekolah-sekolah islam di Indonesia bahwa perkembangan sebuah lembaga pendidikan baik secara kuantitas maupun kualitas itu berbanding lurus dengan sejauh mana lembaga pendidikan tersebut memperhatikan pengajaran Alqur’an. Beliau berkata bahwa sekolah-sekolah islam di Indonesia yang tumbuh besar dan banyak prestasinya adalah sekolah-sekolah yang sangat memperhatikan pengajaran Al-qur’annya. Hal tersebut diamini oleh ir. Abdul Kadir Baraja (ketua yayasan salah satu lembaga pendidikan ternama di Surabaya) dia mengatakan bahwa “ Lembaga pendidikan kami bisa bisa besar seperti sekarang ini adalah karena keberkahan Al-Qur’an ”.

Sebagai pendidik dan orangtua tentu ini harus menjadi catatan agar kelak apabila kita mau mendaftarkan anak ke sekolah, kita harus benar-benar memperhatikan sejauh mana keseriusan lembaga pendidikan tersebut dalam mengajarkan Al-Qur’an. Lembaga pendidikan Islam Terpadu memang sebuah fenomena karena dia hadir ketika terjadinya ‘degradasi’ pendidikan di Indonesia sehingga banyak yayasan pendidikan berlomba-lomba mendirikan lembaga pendidikan berlabel Islam terpadu. Namun Para ibu-bapak hendaklah berhati-hati karena sekarang banyak sekali lembaga pendidikan yang mengaku Lembaga Pendidikan Islam Terpadu tapi dalam tata pelaksanaannya mereka tidak serius menerapkan kurikulum berbasis Lembaga Pendidikan Islam Terpadu sehingga output siswa yang dihasilkannya pun tidak seperti yang diharapkan.

Para bapak-ibu jangan sampai anak-anak kita kurang atau bahkan jauh dari mempelajari Al-Qur’an dengan baik karena menyediakan pendidikan anak yang terbaik adalah kewajiban kita. Jangan sampai nasib mereka seperti kita yang kurang optimal dalam mempelajari Al Qur’an. Ingat, waktu mereka masih panjang, otak mereka masih segar dan semangat mereka masih membara. Dalam majalah tersebut Pak Masruri menutup pernyataannya dengan” Jika pengajaran Al Qur’an disekolah anda jelek sehingga murid-murid anda lulus dari sekolah anda dengan bacaan dan kemampuan Al-Qur’an yang buruk maka untuk apa sesungguhnya sekolah anda didirikan? Dan Sebagai penutup penulis sampaikan sabda Rosulullah SAW “ sebaik-baik kamu adalah orang belajar Al-Qur’an dan yang mengajarkannya”

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar